Jurnal Alwatzikhoebillah

Assalamualaikum Wr.Wb

Mengamati perkembangan dan kemajuan dunia saat ini, begitu mencengangkan. Kondisi tersebut begitu terasa jika mencermati perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat. Hal yang patut dipertanyakan sudah siapkah kita berpartisipasi aktif menjawab berbagai tantangan di era yang selalu berubah ini dengan melakukan berbagai penelitian?Indonesia sebagai Negara berkembang mengalami permasalahan yang lebih rumit dan kompleks, jika dibandingkan dengan Negara maju. Di Indonesia, masalah memper-tahankan hidup masih memerlukan energi yang luar biasa, apalagi mau melakukan suatu penelitian dan mengembangkan pengetahuan. Hal itu membutuhkan perjuangan dan kesungguahan peneliti. Investasi ilmu penegtahuan melalui penelitian memerlukan proses panjang, sistematis, dan dimulai sejak dini. Proses memperoleh ilmu pengetahuan melalui penelitian tidak terjadi instan. Hal itu membutuhkan serangkaian kegiatan, ketelitian, kesabaran, tekat, dan semangat yang luar biasa untuk menghasilkan karya ilmiah yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.Salah satu hal penting dari penelitian adalah publikasi. Publikasi sangat diperlukan sebagai sosialisasi terhadap hasil penelitian. Publikasi hasil penelitian merupakan satu kesatuan dari tradisi ilmiah yang bertujuan sebagai proses diseminasi dan evaluasi perkembangan pengetahuan dari masalah yang diteliti. Mengingat pentingnya publikasi, agar masyarakat dapat memperoleh informasi tentang hasil penelitian. Oleh karena itu, IAIS menerbitkan jurnal Alwatzikhoebillah ini. Terbitnya jurnal Alwatzikhoebillah ini, sekaligus untuk mengapresiasi peneliti yang telah menghasilkan karya ilmiah dan memberikan sedikit ruang bagi peneliti untuk mengekspresikan karyanya. Semoga dengan terbitnya jurnal Alwatzikhoebillah ini dapat terus melestarikan tradisi keilmuan dan mengembangkan dunia penelitian ilmiah, demi kemajuan bangsa dalam menjawab tanatangan zaman. Membuka pintu pengembangan riset dan mengubah mindset (cara berpikir) agar tradisi riset terus berdetak seiring detak nadi perkembangan bangsa dan negara tercinta ini.  Jurnal Alwatzikhoebillah adalah jurnal khusus IAIS Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas yang telah dikeluarkan ISSN (International Standard of Serial Number) dengan Nomor: 2442-384X. Jurnal ini direncanakan akan terbit dua (2) kali dalam satu tahun dengan frekwensi terbitan enam (6) bulan, yaitu: Januari-Juni dan Juli-Desember. Jurnal Alwatzikhoebillah ini dijadikan sebagai media untuk mempublish hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari peneliti, dosen dan pemerhati Pendidikan Islam. Keberadaan Jurnal Alwatzikhoebillah diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan perkembangan Pendidikan Islam.

Bagi para penulis, baik dari kalangan guru, dosen, peneliti, maupun pemerhati Pendidikan Islam yang berminat untuk mempublish tulisan ilmiahnya di Jurnal Jurnal Alwatzikhoebillah, silakan kirimkan naskah tulisan Saudara ke Dewan Redaksi atas nama: Suriadi,  Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Jalan Raya Sejangkung, Kawasan Pendidikan Tinggi Sambas-Kalimantan Barat, dengan Email:

Adapun ketentuan naskah tulisan adalah diketik rapi sepanjang 15-20 halaman A4, dengan 1 spasi, dilengkapi dengan bodynote , daftar pustaka, abstraksi (Indonesia) maksimal 200 kata, keyword, judul, nama penulis dan institusi serta alamat. Naskah dikirim dalam file MS Word. Tim Redaksi mempunyai hak untuk memilih dan mengedit naskah yang masuk. Semua naskah yang masuk (baik yang diterbitkan maupun tidak), menjadi milik tim redaksi (tidak dikembalikan).

Wassalammualaikum Wr.Wb.

130 total views, 1 views today

6 Comments

  • Gustina January 29, 2013 at 3:23 pm - Reply

    asslmkm,,, ingin bertnya ttg jurnal “Tarbiya Islamica” apakh hnya kalangan dosen, guru,dll ( disebutkn diatas) yg boleh mnulis jurnal pak, mhswa bgmn? & Tema2 apa sja yg perlu dimuat …:)

    • adnan January 29, 2013 at 3:44 pm - Reply

      wslm…. iya untuk kalangan yang disebutkan saja… itupun 3 penulis dari PT lain dan hanya 2 jatah utk dosen kita sendiri…..

  • Firdaus June 30, 2016 at 7:07 am - Reply

    Saran saya pak selaku rakyat biasa, untuk meningkatkan jurnal Internasional di perguruan (IAIS) di Kab. Sambas, perlu adanya kader (Himpunan Penulisan Karya Jurnal Internasional ), bentuklah semacam organisasi internal Campus “mengarah ke Publis jurnal Internasional yang terindex Sicopus. Rekrut Dosen mahir atau Guru di Kabupaten Sambas yang Ahli bahasa Inggris agar dapat mengajarkan Writing dan memberikan latihan ke para mahasiswa dan Dosen. Karena Untuk meningkatkan mutu lembaga Perguruan tinggi yang baik harus sering kirim-kirim jurnal internasional. Saran Undang para penulis jurnal Nasional yang ada di pulau jawa seperti yang sudah terkenal UIN jakarta, UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. salam hangat dari rakyat biasa.

    • admin-iais December 14, 2016 at 2:05 am - Reply

      terima kasih banyak pak atas saran dan masukannya, insaallah pak mudah-mudahan jurnal bisa menuju ke arah sebagaimana yang disampaikan oleh bapak, soalnya jurnal kita masih baru juga pak,.walau bagaimana pun sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyka,.

  • Hardi (Anzang) October 27, 2016 at 1:42 pm - Reply

    Assalamualaikum, mohon maaf mau bertanya apakah Jurnal Tarbiya Islamica jika sudah diterbitkan (publis) secara Fisik ber ISSN dan apakah ada E-ISSN (elektronik) secara online? terima kasih, wassalam.

    • admin-iais December 14, 2016 at 2:01 am - Reply

      Waalaikumsalam,..sebelumnya kami ucapkan terima kasih, khusus untuk jurnal Tarbiyah Islamica tidak jadi diterbitkan karena ada kendala namun saat ini jurnal yang sudah ada jurnal alwatzikhoebillah sudah terbit dan sudah ada ISSN tapi untuk E- ISSN masih dalam proses,.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>