STAI Sambas berpeluang Alih Status

Jamiat

Jamiat

Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (STAIS) Sambas siap berubah menjadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS). Selain perubahan status, tahun ini juga akan ada penambahan empat Program Studi (Prodi) baru.

Ketua STAIS Sambas Drs. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH, mengungkapkan bahwa proposal perubahan atau alih status telah diusulkan sejak 20 Maret 2013, termasuk penambahan empat parodi baru. “Empat prodi baru yang diusulkan, diantaranya: Prodi S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Tarbiyah), Prodi S1 Guru Madrasah Ibtidaiyah (Tarbiyah), S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (Dakwah), dan Prodi S1 Bimbingan dan Konseling Islam (Dakwah)”, papar Jamiat kepada wartawan, Senin (20/1).

Jika keempat prodi tersebut disetujui, maka total prodi yang diselenggarakan berjumlah sembilan prodi, karena saat ini sudah ada lima prodi  di STAIS Sambas. “Berdasarkan informasi dari Sub  Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, bahwa presentasi alih status atau perubahan bentuk STAIS menjadi IAIS akan dilaksanakan akhir Januari atau awal Februari 2014 ini”, tegas kandidat Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro ini.

Dalam kesempatan tersebut, Jamiat yang juga Sekda Sambas mengungkapkan, dengan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Istitut, pastinya akan ada perubahan organisasi tata kerja perguruan tinggi nantinya, yaitu sebutan Ketua sebagai pimpinan tertinggi pada STAIS akan berubah menjadi Rektor. Sedangkan jurusan akan di up grade menjadi fakultas yang dipimpin oleh seorang Dekan. Jabatan Kepala Pusat akan menjadi Kepala Lembaga, dan Kepala Bagian akan menjadi Kepala Biro.

Dalam rapat tahunan, Jamiat juga mengungkapkan bahwa usulan untuk penegerian STAI menjadi STAIN tetap dilanjutkan, jika lebih dahulu alih status yang diproses, maka yang diusulkan untuk dinegerikan nantinya adalah IAI menjadi IAIN Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, ungkapnya dengan penuh semangat.

(AM)

725 total views, 1 views today

1 Comment

  • gustina January 27, 2014 at 1:16 pm - Reply

    Mantap…

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>