PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Seiring dengan perkembangan Institut Agama Islam (IAI) Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas sebagai lembaga yang memberikan jawaban terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, maka IAIS terus mengembangkan sayapnya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi sekarang ini. Pada tahun 2014/2015 STAI alih status menjadi IAIS sambas dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No: 3178 Tahun 2014. Salah satu tantangan terbesar dalam era persaingan bebas ini adalah pentingnya penciptaan SDM yang unggul dan kompeten dalam segala aspek, dimana salah satu diantaranya adalah dibidang pendidikan agama islam dan ekonomi syariah.

Sehubungan dengan itu, maka Rektor IAIS Sambas Dr. H. Jamiat Akadol M.Si., MH menganggap perlu untuk melakukan pembentukan program studi pada program pascasarjana. Setelah melakukan beberapa tahapan, maka diselenggarakanlah program pascasarjana IAIS Sambas dengan Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor: 4896 Tahun 2017 Tentang Izin Penyelenggaraan Prodi pada Program Sarjana dan Magister Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta, dengan program studi S2 Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta Program Studi S2 Magister Ekonomi Syariah (Eks) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang merupakan tahun pertama terealisasinya program pascasarjana pada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.

Berdasarkan hasil rapat pada tanggal 26 Januari 2018 tepatnya pada hari jum’at, pendaftaran program pascasarjana dimulai pada tanggal 22 januari s/d 2 maret.

IMG-20180129-WA0003

IMG-20180129-WA0002Menurut Rektor IAIS Sambas Dr. H. Jamiat Akadol M.Si., MH dalam rapat tersebut adanya program pascasarjana diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang berwawasan Islam dan menghasilkan lulusan terdidik yang mampu berperan serta dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan, melahirkan SDM yang berkualitas serta mampu bersaing secara profesional. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi dan Misi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, yaitu:

VISI

IAIS Sambas menjadi Perguruan Tinggi yang Terdepan sebagai Pusat Kajian Keagamaan Islam Wilayah Perbatasan dan Tamadun Melayu di Regional Borneo Tahun 2035.

MISI

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran untuk Melahirkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas secara Akademik dan Profesional serta Memiliki Integritas Kepribadian Sarjana yang Beradab dan Bermartabat.
  2. Melaksanakan Penelitian dan Pengkajian untuk Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Budaya pada Nilai-Nilai Keagamaan Islam Wilayah Perbatasan dan Tamadun Melayu Di Borneo.
  3. Memanfaatkan Hasil Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Budaya sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal.
  4. Mengembangkan Berbagai Disiplin Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Budaya Berdasarkan Ajaran Islam dan Kearifan Lokal.
  5. Membangun Jaringan dan Kerjasama Perguruan Tinggi Dikawasan Borneo.
  6. Mengembangkap Pusat Studi yang Mendorong Terwujudnya Motto: “Berilmu, Beramal dan Bermartabat”, dalam Rangka Membangun dan Peradaban Islam di Borneo.
  1. Memadukan Unsur Islam (Naqli) dan Sain (Aqli) dari Perspektif Ilmu Pengetahuan untuk Selanjutnya Membentuk Nilai yang Bermanfaat bagi Kemajuan Umat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

102 total views, 8 views today

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>